5+ Alat Kardio Terbaik untuk Latihan di Rumah

Untitled design (17)

Memutuskan membeli alat kardio untuk latihan di rumah menjadi salah satu keputusan terbaik. Latihan kardio membantu kamu untuk tetap menjaga kesehatan jantung, tubuh, serta membakar lemak. 

Tentunya, ada banyak pilihan alat kardio untuk latihan di rumah yang bisa kamu pilih. Kamu hanya perlu menyesuaikan latihan kardio apa yang akan dilakukan, lalu pilih alat yang mendukung latihan tersebut. 

Nah, jika kamu masih bingung alat kardio untuk latihan di rumah mana yang cocok dipilih, maka bisa cek rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Alat Kardio untuk Latihan di Rumah

Berikut beberapa alat kardio untuk latihan di rumah yang bisa menjadi pilihan kamu, di antaranya:

  • Treadmill

Treadmill bisa kamu gunakan untuk latihan kardio, seperti jalan santai, jogging maupun jalan cepat di tempat. 

Sebenarnya, dalam penggunaan treadmill, akan banyak menggunakan lower body. Meski begitu, kamu masih bisa memberikan variasi latihan pada bagian upper body, misalnya mengayunkan tangan maupun memegang barbell.

Ketika baru pertama kali memakai treadmill, pastikan kamu memperhatikan keselamatannya, terutama pada bagian ankle atau lutut. Sebab, latihan kardio menggunakan treadmill akan menghasilkan bouncing alias lompatan kejutan di bagian tersebut.

Khusus untuk manula atau yang memiliki masalah pada bagian lutut, sebaiknya tidak melakukan olahraga lari terapi. Cukup lakukan jalan santai atau jalan cepat demi kesehatan masing-masing.

  • Sepeda Statis

Alat kardio untuk latihan di rumah berikutnya adalah sepeda statis. Seperti sepeda pada umumnya, kamu akan berlatih kardio dengan menggunakan lebih banyak tubuh bagian bawah, yaitu kaki untuk menggowes sepeda.

Namun, perlu diperhatikan pula keselamatannya, terutama pada bagian punggung dan lutut. Sebab, kedua bagian tubuh ini seringkali mengalami cedera kalau kamu tidak berhati-hati.

Menariknya, kini masalah tersebut sudah tidak perlu kamu khawatirkan lagi karena sudah tersedia sepeda statis dengan sandaran punggung untuk menghindari cedera. Jadi, sepeda ini cocok digunakan untuk para manula maupun orang yang memiliki masalah pada pinggang maupun tulang belakang.

  • Stepper atau Climber

Alat kardio untuk latihan di rumah selanjutnya adalah stepper atau climber yang bisa kamu gunakan seperti halnya sedang mendaki bukit atau menaiki anak tangga. Alat kardio ini akan menggunakan lebih banyak bagian tubuh bawah. 

Biasanya, bagian tubuh yang rentan mengalami cedera saat menggunakan stepper atau climber adalah lutut. Sebab, gerakan mendaki maupun menaiki anak tangga akan membebankan seluruh tubuh bagian kanan serta kiri, lalu ditahan oleh salah satu lutut secara bergantian.

  • Tali Skipping

Alat kardio untuk latihan di rumah lainnya yang bisa kamu pilih adalah tali skipping. Olahraga kardio ini terbilang mudah dan praktis untuk kamu lakukan, bahkan dapat dilakukan oleh semua orang.

Olahraga kardio menggunakan tali skipping dapat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jantung serta paru-paru, melatih kekuatan otot bahu, lengan serta kaki.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa rutin berolahraga lompat tali sekitar 10 menit akan memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Jadi, kalau kamu tidak suka berolahraga lari atau jogging, maka olahraga lompat tali ini bisa menjadi pilihan tepat.

Ketika ingin melakukan olahraga kardio ini, kamu harus menyiapkan tempat seluas 1,5 x 2,5 meter dengan tinggi minimal 2 m. Tujuannya agar tali tidak mudah tersangkut ke barang-barang sekitar.

Tak hanya itu, kamu harus memperhatikan lantai yang akan digunakan untuk berolahraga kardio. Bagi para pemula, disarankan untuk menghindari lompat tali di atas karpet, lantai beton, rumput, maupun aspal untuk meminimalisir terjadinya cedera.

  • Elliptical Machine

Alat kardio untuk latihan di rumah ini seringkali disamakan dengan treadmill, padahal terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Treadmill akan digerakan oleh mesin yang memungkinkan kamu untuk tinggal berlari saja. Sementara Elliptical machine, kamu akan menjadi pengendali machinenya yang mana digerakan melalui tenaga kamu sendiri.

  • Cross Trainer

Cross trainer merupakan perpaduan antara alat kardio treadmill dan elliptical machine. Alat kardio untuk latihan di rumah ini bisa kamu gunakan untuk melatih gerakan tubuh secara menyeluruh. Sebab, kaki dan tangan akan bergerak bersama-sama secara menyilang. 

Jenis Latihan Kardio yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Setelah mengetahui beberapa alat kardio untuk latihan di rumah yang bisa kamu pilih, kini saatnya mulai mencari tahu apa saja jenis latihan kardio yang cocok kamu lakukan dari rumah saja.

Berikut beberapa jenis latihan kardio yang bisa kamu lakukan di rumah, yaitu:

  • Burpee

Jenis latihan kardio yang bisa kamu lakukan di rumah pertama adalah burpee. Olahraga kardio ini cocok untuk kamu yang ingin membakar kalori di dalam tubuh. Untuk gerakannya sendiri bisa dilakukan mulai dari squat di lantai, melompat dan melakukan posisi plank, lompat ke depan serta belakang, dan berdiri duduk secara bergantian.

  • Lompat Tali

Jenis olahraga kardio ini terbilang simpel dan mudah kamu ikuti karena hanya perlu menyiapkan tali saja. Namun, hindari untuk melompat terlalu tinggi, ya. Lompatkan hanya sebatas melewati talinya saja agar tidak menimbulkan masalah atau kejadian apapun.

  • Squat Jump

Jenis olahraga kardio ini berfokus untuk melatih kekuatan otot, terutama otot yang ada pada kaki. Gerakan yang bisa kamu lakukan adalah memposisikan tubuh berdiri dengan kedua kaki terbuka lebar.

Selanjutnya, letakan tangan di bagian belakang kepala, lalu dengan sedikit melompat dan mendarat pada posisi setengah jongkok serta lutut  sedikit menekuk.

  • Jogging di Tempat

Bagi kamu yang malas jogging ke luar ruangan, maka bisa melakukan jogging di tempat karena manfaatnya sama saja dengan jogging luar ruangan. Saat melakukan jogging di tempat, kamu bisa mengkombinasikannya dengan gerakan lain, seperti lompat tali, burpee, serta latihan kekuatan lainnya.

Jika ingin membentuk otot serta membakar lemak tubuh, ada baiknya kamu melakukan gerakan ini sekitar 20-30 menit setiap hari.

  • Screamer Lunges

Jenis gerakan olahraga kardio ini dapat membangun otot kaki serta melatih kesehatan jantung. Cara melakukannya juga terbilang mudah, kamu harus berdiri dengan kaki yang dibuka selebar pinggul. Kemudian, rentangkan kaki kanan kembali ke dalam posisi lunge.

Selanjutnya, dorong menggunakan kaki kanan agar bisa mengangkat lurus lutut kanan setinggi pinggul, lalu lompat di udara saat kamu sedang melakukan posisi ini. Balikkan lagi kaki kanan ke posisi semula, kemudian ulangi gerakan ini sampai 10 lunge pada satu sisi serta kaki bagian kiri.

Penutup

Itulah informasi seputar rekomendasi alat kardio untuk latihan di rumah serta gerakannya yang bisa kamu ikuti. Bagaimana, apakah sekarang kamu sudah menemukan alat kardio yang tepat? Jika masih belum, yuk langsung cari tahu sekarang dengan mengunjungi Lite Fitness Indonesia. Tentunya, Lite Fitness Indonesia menyediakan berbagai alat kardio yang lengkap dengan harga terjangkau serta kualitas terbaik. Tunggu apa lagi, segera pilih alat kardio favoritnya dengan cara klik di sini sekarang!

 

Temukan produk favorite Lite lainnya di e-Commerce

Shopee Lite Fitness Indonesia

Tokopedia Lite Fitness Indonesia