Apa Saja Alat Gym Untuk Membentuk Otot Lengan yang Kuat?

Untitled design (26)

Penasaran apa saja alat gym untuk membentuk otot lengan yang kuat? Sebagian besar baik itu pria maupun wanita rata-rata menggunakan alat gym yang sama untuk melatih tubuh bagian atas. Walaupun sebetulnya, tujuan kebugarannya berbeda-beda.

Contohnya saja beberapa wanita yang ingin membentuk otot lengan sehingga menjadi lebih kuat. Tapi cenderung tak ingin menjadi ‘berotot’ seperti kebanyakan pria. Menariknya, sekarang ini semakin banyak wanita mulai sadar seberapa pentingnya menambah massa otot.

Massa otot di sini maksudnya yang tanpa lemak demi tujuan kesehatan dan untuk mendapatkan umur yang lebih panjang. Adanya penambahan massa otot pun dapat membuat wanita bisa mendapatkan penampilan ideal.

Bahkan, latihan tubuh bagian atas dengan alat-alat gym tertentu nyatanya dapat berpengaruh pada berkurangnya nyeri atau sakit otot, postur tubuh menjadi lebih baik, hingga memperjelas penampakan otot.

Rekomendasi Alat Gym Untuk Membentuk Otot Lengan yang Kuat

Para ahli merekomendasikan beberapa alat gym untuk membentuk otot lengan yang kuat. Kamu bisa mencobanya jika benar-benar ingin mendapatkan otot lengan yang bagus serta mendapatkan manfaat lainnya. Berikut alat gym yang dimaksud:

  • Lat Pull-Down

Merupakan alat gym yang paling umum dipergunakan untuk membentuk otot lengan serta membuatnya kuat. Kamu juga harus tahu jika alat gym yang satu ini juga bisa bermanfaat untuk melatih hampir seluruh bagian atas tubuh.

Dengan alat gym ini kamu bisa pasang target mau menguatkan otot lengan atas atau lengan bawah (bisep dan trisep) secara lebih mudah. Lat Pull-Down pun bisa disebut sebagai mesin kabel, dan biasanya memerlukan banyak energi jika ingin menggunakannya.

Pasalnya, kamu harus bisa menarik palang ke bawah, baru alat tersebut dapat membantu membakar kalori lebih banyak. Alat ini juga efektif untuk memangkas lemak terutama di bagian lengan. Untuk cara menggunakannya sendiri sebenarnya sangat mudah yaitu

  • Duduk pada sebuah bangku, lalu coba rentangkan tangan ke samping
  • Setelah itu raih kedua ujung palang yang sudah terpasangan pada kabel dan pelat. Ingat, pelat tersebut punya berat yang berbeda-beda
  • Langkah berikutnya kamu tinggal tarik palang ke arah bawah menuju bagian dada, kemudian angkat kembali
  • Ulangi gerakan tersebut hingga beberapa kali

Sebagai catatan saja, beban dan ketinggian alat lat pull-down ini dapat disesuaikan sendiri. Jadi, kamu bisa berolahraga dengan nyaman dan aman pastinya. Untuk waktunya, Dr. Naresh Rao ahli perawatan prime New York City mengungkapkan, lebih baik melakukan latihan pakai alat ini selama 2 set dengan masing-masing 15 pengulangan.

Lalu bagaimana menentukan beban yang tepat. Kamu bisa merasakan saat menggunakan alat tersebut tepatnya ketika otot sudah mulai berkontraksi. Apabila terasa seperti kelelahan, artinya itu adalah beban yang tepat.

  • Rowing Machine

Begitu juga alat ini pun sebenarnya dapat membentuk otot lengan sehingga lebih kuat. Pasalnya, dapat sekaligus membantu menghilangkan potongan-potongan lemak di bagian atas tubuh. Hanya saja untuk menggunakan alat ini pastikan dulu kamu tak memiliki masalah punggung sebelumnya.

Saat mulai duduk di atas rowing machine dan pegang dayungnya, artinya kamu sekaligus dapat memberikan tekanan pada otot trisep. Untuk menggunakan alat ini caranya mudah saja, yaitu:

  • Duduk di atas alat dengan posisi kaki rata di alas kaki kemudian raih dayungnya
  • Mulai lakukan gerakan dengan memegang dayung, posisi punggung tetap lurus sedangkan lengan terlentang dan lutut ditekuk. Dorong ke belakang menggunakan kaki
  • Jika sudah terbiasa dengan tubuh bagian bawah, coba latih tubuh bagian atas dengan cara luruskan kaki dan tarik dayung ke arah dada sambeli siku ditekuk ke samping tetap di bawah dada
  • Kombinasikan beberapa gerakan tersebut pada tingkat selanjutnya. Dorong ke belakang dengan tubuh bagian bawah, pakai punggung atas untuk menarik tangan ke dada
  • Pull-Up and Dip Stand

Kamu atau sebagian besar orang yang sering datang ke tempat kebugaran mungkin akan menganggap alat ini adalah terberat di gym. Walaupun begitu, jika kamu mencoba untuk rutin menggunakan alat ini percayalah, bisa membawa dampak besar pada perubahan lengan atas.

Bagian tubuh tersebut akan terlihat lebih bugar dan otot pun akan terbentuk dengan sempurna. Dengan alat ini, bukan hanya kalori dan lemak saja yang akan berhasil terbakar. Menggunakan alat tersebut dengan teratur pun sangat efektif untuk membuat otot lengan hingga menjadi lebih kuat.

Dari tampilannya saja sudah sangat meyakinkan. Kamu tidak perlu khawatir menggunakan alat gym yang satu ini. Pasalnya dipercaya sangat kokoh, sehingga aman digunakan untuk kalangan wanita maupun pria.

  • Pull-Up Bar

Salah satu alat gym untuk membentuk otot lengan yang kuat lainnya adalah Pull-Up Bar ini. Kalau diperhatikan tampilannya jauh lebih sederhana daripada alat sebelumnya yaitu pull-up and dip stand.

Walaupun begitu, justru alat ini mempermudah kamu beradaptasi dan cenderung lebih efektif dalam banyak latihan gym yang ada. Pull-up Bar nyatanya dapat melatih berbagai kelompok otot dengan cara yang sepertinya tak mungkin ditiru oleh alat olahraga pada umumnya.

Untuk bagian otot mana yang dijadikan target, sangat bergantung dengan penempatan tangan kamu sendiri. Apabila seadainya memegang palang pakai telapak tangan yang menghadap jauh darimu (ke atas), sebagian otot yang dilatih adalah trisep.

Sementara jika sedang memegang palang pakai telapak tangan yang menghadap ke dagu, maka sebagian besar otot yang akan dilatih adalah golongan bisep. Selain itu, pada pegangan yang lebih lebar umumnya akan berfokus pada otot lat luar. Sebaliknya, jika pegangan yang lebih sempit, artinya memusatkan otot lat bawah.

  • Set Dumbbells

Alat gym selanjutnya yang tak kalah ampuh untuk digunakan dalam upaya membentuk otot lengan menjadi makin kuat adalah Set Dumbell. Daripada alat gym lainnya, set dumbell terbukti lebih banyak menargetkan otot.

Para ahli pun banyak yang setuju jika tidak ada yang lebih baik dari sepasang dumbless jika memang tujuannya adalah membentuk otot lengan dan menghilangan kelebihan lemak pada daerah tersebut.

Saat latihan pun kamu boleh menargetkan otot lengan dengan berbagai cara pakai alat ini. Contohnya mungkin dengan melakukan latihan cengkraman lebar dengan target otot bisep. Untuk hasil maksimal, bila perlu gunakan dumbbell yang dilengkapi dengan bobot yang bisa disesuaikan.

  • Elliptical Machine

Tak kalah efektif dengan alat gym lain, Elliptical Machine ini juga sangat ampuh terutama digunakan untuk menghilangkan lemak tubuh secara keseluruhan. Bahkan, alat ini dipercaya dapat memberikan dampak rendah pada persendian.

Oleh sebab itu, alat ini sangat populer digunakan oleh orang-orang yang ingin membentuk tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Stang yang merupakan fitur utama dari alat ini mampu membantu dalam memompa lengan dengan menggerakkannya secara maju-mundur.

Gerakan tersebut pada akhirnya bisa menghilangkan lemak bagian atas tubuh. Sebagian besar alat gym ini pun sudah dilengkapi dengan sensor di bagian stangnya. Gunanya untuk melacak waktu, jumlah kalori yang terbakar, hingga detak jantung.

Itu dia tadi apa saja alat gym untuk membentuk otot lengan yang kuat. Bagaimana? Apakah cukup tertarik untuk membeli salah satunya untuk dipakai di rumah? Jika benar begitu, vendor Lite Fitness Indonesia menyediakan alat olahraga terbaik. Silahkan klik disini untuk pilihan produk berkualitasnya. 

 

Temukan promo menarik di e-Commerce Lite

Shopee Lite Fitness Indonesia

Tokopedia Lite Fitness Indonesia